Budaya & Sudut Pandang: Bedanya Orang Timur & Barat

Teman-temanku di kampus itu campur-campur orangnya. Ada orang timur, barat, dan afrika juga ada. Nah, ada aja dalam suatu saat-saat tertentu terkadang aku sering bertanya sendiri ketika melihat orang dari belahan dunia lain merespons terhadap sesuatu. Aku sering bertanya “kok bisa ya mereka mikir/bertindak begitu? Gak masuk akal!!”

Lalu dengan piciknya aku mengambil posisi Tuhan dan mengelompokkan mereka ke dalam golongan tertentu. Ooo… kalo orang Afrika itu pasti orangnya “begini”, orang Barat itu “begitu”.. Orang Asia itu “begini”. Samalah kira-kira kayak di Indonesia. Kalo orang Padang itu pelit, padahal aku punya temen dekat suku Padang yang murah hatinya minta ampun (namanya si Jeni Wardin). Kalo orang Jawa itu ngomongnya lembut tapi di belakang nusuk, padahal aku punya temen dekat juga yang suku Jawa (Jawa Tengah loh) yang ngomongnya suka kasar tapi kalo masalah setia kawan dan diajak sama-sama susah, dia tak bisa diimbangi (namanya Agusta Rizar Binadja).  Kalau tak percaya, cobalah cari dan bertemen dengan si Jeni dan Agusta itu, nanti kalian tau sendiri. Sampai sekarang mereka masih hidup.

Mengerti kan maksud aku. Jadi aku di sini mulai mengelompokkan orang-orang dengan sifat2 buruk tertentu. Terutama antara orang Barat dan Timur. Karena menurutku, entah kenapa antara yang dua ini benar-benar berbeda.

Nah beruntung juga, salah seorang professor menjelaskan bedanya orang barat & timur secara ilmiah. Di kelas, ia membuat eksperimen kecil. Dibaginya kami dalam 3 kelompok: Asia, Barat, Afrika. Setiap kelompok disuguhi beberapa gambar dan diminta memilih jawaban.

Daripada bingung, coba jawab kuis sederhana di bawah ini.

1. Coba kelompokkan Monyet satu ini. Cocoknya ke “Pisang” atau ke “Panda”?

kemanakah monyet ini lebih cocok dikelompokkan?
kemanakah monyet ini lebih cocok dikelompokkan?

2. Coba kelompokkan setangkai bunga di tengah. cocoknya ke “Group A” atau Group B”?

Bunga yang ditengah lebih cocok ke Group 1 atau Group 2?
Bunga yang ditengah lebih cocok ke Group A atau Group B?

3. Nah satu lagi, coba kelompokkan silinder kayu yang ditengah. Cocoknya dikelompokkan ke silinder plastik (warna biru) atau balok kayu (warna cokelat)?

Kemanakah silinder kayu dikelompokkan?
Kemanakah silinder kayu dikelompokkan?

Sudah?

Nah, jika jawabannya: (1) Pisang (2) Group A (3) Balok Kayu , maka engkau sangatlah Asia, karena kebanyakan orang Asia ya jawabnya begitu.

Nah, jika jawabannya: (1) Panda (2) Group B (3) Silinder Plastik , berarti engkau sangat Barat. Lah tapi sampeyan itu orang timur kok bisa jawab kayak orang Barat? Ooo.. aku mengerti. Mungkin sampeyan kebanyakan ngupi di Starbucks sambil hotspotan, sementara warung kopinya Kang Mamat yang menyediakan kopi tubruk itu sudah hampir tak pernah disambangi. Jadinya ya gitu, jawaban sampeyan jadi kebarat-baratan. Hehe..

Nah, jika jawabannya kecampur-campur. Hmm.. kalau ini susah juga. Bisa jadi sampeyan kebanyakan ngupi di starbucks tapi pas sarapan selalu saja pesan lontong sayur dan gorengan jualan istrinya Kang Mamat itu. Hmm.. perlu penelitian lebih lanjut..

Penjelasannya begini:

Pertanyaan 1:

Mayoritas Orang asia  menjawab pisang. Alasan: Kan monyet makan pisang.

Mayoritas orang Barat menjawab Panda. Alasan: Monyet & Panda kan sama2 binatang, Om! (hmm.. bener juga..)

Menurut penelitian, ternyata Orang Asia itu lebih mementingkan”hubungan” dan “kekerabatan” (relationship and Family Resemblance) dalam mengkategorikan sesuatu. Makanya Monyet itu walaupun sama-sama binatang tapi ia lebih berhubungan erat dengan pisang, karena monyet makan pisang. Sedangkan Orang Barat cenderung mengkategorikan sesuatu berdasarkan aturan klasifikasi mendasar, panda dan monyet ya sama-sama binatang. Titek.

Hasil eksperimen di kelas kami: Bener ternyata.. hampir semua yang Asia jawab Pisang dan semua yang Barat jawab Panda. yang Afrika terbagi dua sebagian mereka jawab Pisang sebagian lagi Panda.

Pertanyaan 2:

Mayoritas Orang asia  menjawab Group A. Alasan:  setangkai bunga yang ditengah secara keseluruhan lebih menyerupai bunga-bunga di  group A.

Mayoritas orang Barat menjawab Group B. Alasan: setangkai bunga yang di tengah itu, salah satu elemennya menyerupai dengan  bunga-bunga di group B, yaitu: seluruh bunga di group B memiliki tangkai bunga yang sama.

Menurut penelitian, Orang Asia melihat sesuatu  dengan cara “komprehensif” atau “keseluruhan”. Makanya bunga itu, buat orang Asia, lebih cocok ke group A, karena walaupun semua bunga di group A gak sama persis tapi secara keseluruhan lebih mirip ke group A.  Nah kalo orang barat melihat sesuatu secara “parsial/bagian tertentu” dari satu objek. Makanya buat mereka bunga itu lebih cocok ke group B karena semua tangkainya sama.

Hasil eksperimen di kelas: bener lagi.. hampir semua yang Asia menjawab Group A sedangkan yang Barat sebaliknya. Kembali yang kelompok Afrika terbagi dua.

Nah ini versi lainnya, jika Orang Asia diberi suatu gambar maka orang Asia akan melihat gambar itu secara keseluruhan. Seperti gambar di bawah, buat orang Asia, gajah adalah bagian dari keseluruhan pemandangan. Sedangkan buat Orang Barat, gajah adalah objek utama. Seolah-olah gajah itu membesar dan pemandangan di belakangnya menghilang.

Asia melihat keseluruhan background dan Objek, Barat fokus ke Objek
Asia melihat keseluruhan background dan Objek, Barat fokus ke Objek

Pertanyaan 3:

Mayoritas Orang Asia  menjawab Balok Kayu. Alasan: bahan bakunya sama-sama kayu.

Mayoritas orang Barat menjawab Silinder Plastik. Alasan: bentuknya sama, yaitu silinder.

Menurut penelitian, Orang Asia melihat sesuatu dari “substansi”nya. Penampilan luar boleh lain tapi kualitas subtansinya tetap sama.  Sedangkan Orang barat melihat sesuatu dari “objek” akhirnya, tak peduli substansinya seperti apa.

Hasil eksperimen di kelas: lagi-lagi bener.. Hampir semua orang Asia menjawab  Balok Kayu sedangkan yang Barat sebaliknya. sedangkan kelompok Afrika tetap terbagi dua jawabannya.

Nih, aku pajang video hasil jawaban orang Timur dan Barat tentang kuis di atas. Iya sih, videonya bahasa korea tapi ada bahasa inggrisnya juga.

Lah, trus ngaruhnya perbedaan sudut pandang itu emang apa?

Sudah malam di sini. Besok-besok aku lanjutkan lagi…  aku mau online skype dulu. Mau telpon gratis ke tanah air.

6 thoughts on “Budaya & Sudut Pandang: Bedanya Orang Timur & Barat

  1. Leequisach Panjaitan berkata:

    uraian dosen mu itu ada di buku Richaard E Nisbett, Geography of Thought; How Asians and Westerners Think Differently… and Why.

    itu buku yg menarik loh… direkomendasikan dosenku pas aku mo bikin term paper tahun lalu

    • Rido Panjaitan berkata:

      iya bnr, dari richard nisbett. sblm posting artikel ini sempat baca artikelnya richard nisbett di internet. menarik2..
      thx y..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s